728x90 AdSpace

Sabtu, 01 Juli 2017

MENGENAL DUA MACAM MAQOM

MENGENAL DUA MACAM MAQOM
Dalam ILMU TAUHID dikenal dua macam maqam: 
1). MAQAM FANA, 
Yaitu : memandang dan bermusyahadah tentang EMPAT perkara = 
"TAUHIDUL AF'AL, TAUHIDUL ASMA, TAUHIDUS SIFAT dan TAUHIDUDZ DZAT". 

2). MAQAM BAQA. 
Terdiri dari 
SYUHUDUL KATSRAH FIL WAHDAH,
Yang Artinya 
"memandang yang banyak di dalam yang satu". 
Dan SYUHUDUL WAHDAH FIL KATSRAH,
Yakni memandang yang satu di dalam yang banyak. 


MAQAM BAQA lebih tinggi dan lebih mulia daripada MAQAM FANA. Karena, MAQAM FANA akan binasa dan lenyap di bawah AHDIYYAH ALLAH, sedangkan MAQAM BAQA adalah MAQAM yang tetap dan kekal di dalam WAHDIYYAH ALLAH. 

Selain itu, MAQAM FANA adalah MAQAM dari pandangan, bahwa TIADA YANG MAUJUD KECUALI ALLAH, 
sementara MAQAM BAQA adalah MAQAM dari pandangan, bahwa ALLAH dan QAYYUMIYYAH-NYA senantiasa menyertai setiap ZARRATTUL WUJUD (bagian terkecil dari wujud), yang berarti Ia QAIM (berdiri) di atas segala Wujud. 
MAQAM BAQA dinamakan juga MAQAM TAJALLI, ZHUHUR (penampakan), dan MAQAM.

Penjelasan lebih lanjut mengenai MAQAM ini, dapat dilihat dari kalimat-kalimat berikut: 
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN AKU MELIHAT ALLAH BERSAMANYA." 
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN AKU MELIHAT ALLAH DI DALAMNYA." 
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN AKU MELIHAT ALLAH SEBELUMNYA." 
"AKU TIDAK MELIHAT SESUTU MELAINKAN AKU MELIHAT ALLAH SESUDAHNYA." 

MAQAM BAQA tidak dapat dicapai kecuali telah melewati MAQAM FANA. 
Dengan kata lain, MAQAM BAQA merupakan MAQAM yang dihasilkan dari MAQAM FANA. 
Karena dihasilkan dari MAQAM FANA, maka MAQAM BAQA tidak lain daripada FANAULFANA (lenyap dalam kelenyapan), yang dicapai setelah fana


Sumber: PERJALANAN NAFAS MENCAPAI JIWA YG TENANG
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: MENGENAL DUA MACAM MAQOM Rating: 5 Reviewed By: Rustadi