728x90 AdSpace

Selasa, 04 Juli 2017

PEMBERSIH DAN PEMBUKA HATI

DZIKIR – MEDITASI
PEMBERSIH DAN PEMBUKA HATI
Sabda Rosululllah saw : Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih Qolbu adalah dzikir dan dzikir adalah jalan terdekat menuju Allah… 
Bila hati kita bersih jalan menuju Allah terbuka lebar, bebas hambatan…Berarti dzikir-meditasi itu sebagai pembersih dan pembuka jalan menuju Allah...

Cara berdzikir yang diajarkan Rosulullah saw kepada Sayidina Ali : Wahai Ali, pejamkan matamu dan rapatkan bibirmu, lipat lidahmu ke langit-langit mulut dan berdzikirlah Allah.. Allah.. Allah..  ( HR. THABRANI/BAIHAQI )

Yang dimaksud dengan hati dalam hal ini adalah kolbu, bukan organ liver dalam tubuh manusia. Kolbu ini hanya dimiliki oleh manusia. Kolbu ini berlapis-lapis, dimana bagian yang terdalamnya disebut hati nurani atau hati nuraini, berasal dari kata Nur artinya cahaya dan Aini artinya melihat... 

Di dalam diri manusia ada Cahaya Yang Maha Melihat ( AL QIYAMAH 75 : 14 )
Allah akan membimbing dengan Cahayanya kepada Cahayanya bagi siapa  yang Dia kehendaki(AN NUUR 24 : 35).
Barang siapa yang hatinya dibuka oleh Allah kepada Islam ( fitrah ), maka dia itu mendapat Nur dari Tuhan-nya ( AZ-ZUMAR 39 : 22 )

MENURUT HADITS QUDSI :
Dalam setiap rongga anak Adam, AKU ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, dalam dada ada kolbu, dalam kolbu ada fuad, dalam fuad ada syagofa, dalam syafoga ada sir, dalam sir ada AKU, tempat AKU menyimpan rahasia.

Fuad artinya hati yang bersih dan syagofa artinya yang lebih dalam dari fuad, di dalamnya ada hati nuraini, dalam hati nuraini ada Aku, ada Allah, ada Cahaya Yang Maha Melihat ( AL QIYAMAH 75 : 14 ).

Oleh karena itu menurut para sufi : Qolbu mukmin baitullah.  
Itulah RumahNya, itulah MasjidNya yang sejati, di dalamnya Ruh bersujud, menyebut Namanya, bertasbih pagi dan petang sejak hari pertama Ruh dihembuskan ke janin dalam kandungan ibu…( AN NUUR 24 : 36 ) Sesungguhnya sejak di alam arwah ruh-jiwa sudah bersyahadat...
Ketika Allah berfirman : bukankah Aku Tuhan-mu….???   Benar kami bersaksi ( AL A’RAAF 7 : 172 )…

Menurut Irmansyah Effendi Grand Master Reiki Tumo Yayasan Padma Jaya :
Hati Nuraini adalah percikan dari Sang Pencipta yang pada hakekatnya adalah Essensi Dzat Illahiah yang senantiasa jujur, selalu mengetahui kebenaran, selalu mengarahkan kita kepada Tuhan, selalu tegas menolak hal-hal yang menjauhkan kita dari Tuhan. Di dalam hati nurani inilah adanya ketenangan, kedamaian serta kebahagiaan sejati.

Umumnya pada kebanyakan manusia Hati Nuraninya senantiasa tertutup karena didominasi oleh otak kiri yang selalu menampilkan ide-ide bagus namun ternyata menjauhkan kita dari Tuhan. Otak selalu menghasilkan kebahagiaan semu, tak pernah puas, selalu gelisah, bimbang dan ragu, benar dan salah dipengaruhi arus. Walaupun demikian otak masih diperlukan untuk kesungguhan dan kemantapan, untuk menyerap ilmu pengetahuan serta untuk mengendalikan tubuh fisik, dimana tubuh fisik adalah sebagai pelaksana yang akan mengerjakan perintah Tuhan.

Tidak ada pelajaran khusus atau teknik khusus untuk membuka hati nurani ini. Semata-mata kita hanya mohon izin dan keridhoan Allah, mohon barokah Allah, mohon taufik dan hidayah Allah saja yang bisa kita lakukan, selanjutnya pasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah, biarkan Tangan Allah yang bekerja, karena hanya Allah-lah yang bisa membuka Hati Nurani kita.   Berarti Irmansyah Effendi secara tidak langsung menganjurkan kita berdzikir atau bermeditasi agar terbuka hijab …

Pengertian dzikir dan meditasi sama saja, hanya berbeda bahasa…
Meditasi adalah mengosongkan pikiran sambil dalam hati mengulang-ngulang menyebut nama Tuhan.  Dzikir atau dzikrullah adalah mengingat Allah tanpa mengingat yang lain selain Allah.   Dia Yang Maha Ghoib yang keberadaanNya tidak terjangkau oleh akal dan pikiran.   Dia yang Maha Rahman dan Rahim, Yang Maha Kuasa atas segalanya.  Tanda-tandanya di segenap penjuru dan di dalam diri mereka, di dalam dirimu dan di dalam diri kita semua, di dalam semua ciptaanNya,  Dzat Allah meliputi segala sesuatu.  Dia ada di mana-mana namun dalam Ke-Esa-anNya Dia tidak kemana-mana.  Dialah Allah Yang Maha Meliputi segala sesuatu. 

Kita boleh menyebut Nama Tuhan dengan Nama apa saja yang baik-baik dari Asma ul Husna.  Kita tidak tahu Tuhan itu laki-laki atau perempuan, karena itu kita boleh panggil Bapa atau Bunda.  Nama Tuhan yang sebenarnya kita tidak tahu, tidak bisa dituliskan dan tidak bisa disebutkan. Kita semua, berjumpa pun belum apalagi mengenal namaNya.

Mereka ( kita semua ) tidak mengenal Allah dengan sebenar-benarnya.  Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa ( AL HAJJ 22 : 74 )

Kamu ( kita semua )tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya nama-nama yang kamu (kita) dan nenek moyang-m ( nenek moyang kita ) membuat-buatnya, Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu.  
(  YUSUF 12 : 40 )

Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu (kita) dan bapak-bapakmu ( bapak-bapak kita )mengada-adakannya, Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuknya, mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan dan hawa nafsunya ( AN NAJM 53 : 23 ).

Orang Budha menyebutNya Amitaba artinya : Cahaya tanpa batas… Orang Hindu menyebutNya : Rada Swami artinya Ruh Yang Maha Tinggi… Orang Arab menyebutNya Allah, dari kata AL ILLAH artinya yang disembah, bukan nama… Orang Sunda dan Jawa menyebutNya Gusti Pangeran…

Dzikir menurut Rosulullah :
1.    Berpeganglah pada Al Qur’an dan Sunah…
2.    Urusan dunia engkau lebih tahu, tata cara beribadah ikuti cara-ku..
3.    Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih hati adalah dzikir. 
4.    Jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir.
5.    Sesungguhnya manusia itu dalam keadaan tidur, ketika mati barulah dia bangun…kesadaran Ruhnya bangkit….
6.    Harus bisa mati sebelum mati…  

Dzikir adalah jalan tol menuju kepada Allah.  Bila hati kita bersih, jalan menuju Tuhan terbuka lebar, bebas hambatan.  Sebaik-baiknya dzikir adalah membaca Al Qur’an.  Telah AKU turunkan Adzikir(AL HIJR 15 : 9)… Adzikir adalah Al Qur’an.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: PEMBERSIH DAN PEMBUKA HATI Rating: 5 Reviewed By: Rustadi